Salah satu material finishing lantai yang populer beberapa tahun belakangan ini adalah SPC Flooring. Sekilas terlihat seperti parquet maupun vinyl, tetapi ternyata SPC flooring memiliki beberapa perbedaan dan keunggulan tersendiri. SPC flooring atau Stone Polymer Composite flooring adalah jenis finishing lantai yang terbuat dari campuran bahan plastik polimer dan serbuk batu atau stone powder.

Lantai SPC menjadi pilihan populer belakangan ini karena menggabungkan antara kekuatan dan daya tahan dari material dasarnya serta menciptakan tampilan yang menarik saat diaplikasikan pada interior hunian maupun bangunan lainnya.

SPC flooring terbuat dari kombinasi bahan plastic polimer dan serbuk batu, yang menciptakan kekuatan ekstra pada lantai SPC. Menjadikan lantai SPC lebih tahan gesekan, benturan maupun kerusakan fisik lainnya. Material SPC flooring juga dirancang tahan air dan bakteri, sehingga menjadikannya aman untuk digunakan pada area mana saja yang Anda inginkan.

Pemasangan SPC flooring juga mudah dan praktis, karena umumnya SPC flooring dirancang dengan kuncian yang memudahkan pemasangan antar lembarnya. Namun sebelum pemasangan, tetap ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan dan persiapkan terlebih dahulu.

Pertama, Anda perlu memastikan bahwa permukaan lantai yang akan dipasangi SPC flooring benar-benar rata, kering, dan bebas dari debu maupun kotoran. Kemudian pastikan bahwa Anda sudah memahami sistem penyambungan yang digunakan pada SPC flooring yang Anda pilih. Umumnya lembaran SPC flooring menggunakan sistem kuncian yang memungkinkan pemasangan tanpa perlu menggunakan perekat/lem.

Sebelum memulai pemasangan, sebaiknya Anda telah memiliki gambaran mengenai pola pemasangan SPC flooring dan pengukuran dari area yang akan dipasangi SPC flooring. Karena pengukuran yang tepat akan menciptakan tampilan yang lebih profesional. Anda juga harus mempelajari petunjuk perawatan dan pembersihan yang diberikan oleh produsen.

SPC flooring biasanya mudah dijaga dan memiliki daya tahan yang baik, tetapi penggunaan produk yang tidak sesuai atau metode pembersihan yang tidak tepat dapat mengurangi ketahanan SPC flooring.

Dengan hasil akhir yang terlihat sangat alami, lantai SPC dapat diaplikasikan pada berbagai gaya desain interior, baik hunian maupun ruang publik. Berikut adalah beberapa contoh desain interior di mana SPC flooring dapat digunakan dengan baik :

1. Desain Interior Modern

SPC flooring dengan tekstur kayu dapat memberikan sentuhan alami dan elegan pada desain interior modern. Desain minimalis dengan furnitur yang simpel akan terlihat cocok dengan lantai SPC yang memiliki warna sedang maupun gelap.

2. Desain Interior Skandinavia

SPC flooring dengan warna cerah dan netral cocok untuk digunakan pada desain interior skandinavia yang bersih, minimalis, menggunakan warna lembut dan memiliki pencahayaan yang berlimpah.

3. Desain Interior Klasik

SPC flooring dengan warna kayu cenderung gelap dapat memberikan kesan mewah dan elegan, cocok untuk desain interior klasik yang bergaya mewah dan mencerminkan kesan yang lebih tradisional.

4. Desain Interior Kontemporer

Permainan pola SPC flooring dengan abstrak atau pola unik cocok untuk desain interior kontemporer yang lebih berani dan kreatif.

5. Desain Interior Shabby Chic

Salah satu desain interior yang digemari para wanita ini juga cocok menggunakan SPC flooring. Gaya Shabby Chic cenderung menggunakan palet warna yang lembut, seperti putih, krem, pastel, dan warna-warna pudar untuk menciptakan kesan tenang dan feminin.

6. Desain Interior Rustic

Jika Anda ingin menciptakan suasana rustic, SPC flooring dengan tekstur kayu yang lebih kasar dan kaya akan menambahkan karakter dan kehangatan pada ruangan.

SPC flooring sangat ideal untuk digunakan menjadi material pendukung rancangan desain interior yang Anda inginkan karena memiliki variasi warna dan motif yang beragam, memungkinkan Anda untuk bebas berekspresi.

Salah satu merk SPC flooring yang dapat Anda pertimbangkan adalah SPC flooring dari Balian. Hadir dengan kualitas terbaik dan variasi produk yang beragam, Balian SPC flooring layak untuk Anda coba.

Balian SPC flooring memiliki berbagai keunggulan yang menjadikannya salah satu material SPC flooring terbaik di kelasnya. Balian SPC flooring memiliki permukaan yang tahan gesekan, tahan dari sinar UV, anti rayap dan serangga, mampu membunuh bakteri dan mikroba, serta koefisien muai-susut yang rendah sehingga bentuknya akan tetap stabil di berbagai suhu dan cuaca.

Motif dari Balian SPC flooring juga terasa seperti motif kayu asli, karena dicetak dengan menggunakan 3D printing sehingga akan memberikan nuansa mewah dan alami.

Dengan variasi motif dan warna yang beragam, Anda dapat dengan bebas berekspresi menciptakan gaya desain yang sesuai dengan selera Anda. Balian SPC flooring dapat digunakan dan disesuaikan dengan berbagai gaya desain interior.

Berikut adalah contoh variasi Balian SPC flooring dan penggunaannya untuk gaya desain yang diinginkan :

1. Desain interior Modern :
Untuk gaya desain interior modern, Anda dapat menggunakan motif Light Walnut maupun Walnut.

2. Desain interior Skandinavia :
Gaya desain interior Skandinavia menekankan penggunaan warna-warna yang netral, produk Balian SPC flooring yang dapat digunakan untuk gaya ini adalah Light Oak atau Natural Oak.

3. Desain interior Klasik :
Kesan mewah dan elegan dari desain interior klasik dapat diwujudkan dengan menggunakan variasi Java Teak.

4. Desain interior Kontemporer :
Gaya desain interior kontemporer yang lebih berani dan bold dapat diwujudkan dengan menggunakan Balian SPC flooring variasi Grey Cherry.

5. Desain interior Shabby Chic :
Varian Balian SPC flooring yang dapat digunakan untuk gaya desain interior Shabby Chic adalah White Oak.

6. Desain interior Rustic :
Untuk menciptakan suasana rustic, Anda dapat menggunakan varian Warm Walnut.

Perawatan Balian SPC flooring juga tergolong mudah. Anda cukup membersihkan permukaan Balian SPC flooring secara teratur dengan menggunakan sapu maupun vacuum cleaner. Jika ada kotoran maupun noda yang lebih menempel, Anda dapat menggunakan lap basah untuk membersihkannya.

Selain hadir dalam berbagai variasi warna, Balian SPC flooring juga memiliki satu keunggulan yang membedakannya dari SPC flooring lainnya. Ketebalan Balian SPC flooring sudah melampui standard, melebihi tebal rata-rata SPC flooring di kelasnya. Selain lapisan anti bakteri aktif, lapisan busa, serta berbagai kelebihan lapisan lain, Balian SPC flooring juga akan memberikan Anda ketenangan dan kepuasan dengan garansi yang diberikan hingga 15 tahun.

Dengan pemilihan motif, warna serta perawatan yang tepat, Balian SPC flooring dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda untuk menciptakan gaya interior ruangan yang akan terlihat indah dan tahan lama selama bertahun-tahun lamanya.

Kunjungi Website Intheria untuk mempelajari lebih lanjut mengenai variasi SPC flooring yang tersedia, atau hubungi CS Intheria untuk berkonsultasi mengenai kebutuhan serta keinginan Anda.